Manfaat Internet Sebagai Ruang kreatifitas Tanpa Batas

Manfaat internet amatlah penting dalam kehidupan kita seharai -sehari. Internet merupakan  simbol masa depan. Ia mewakili kecerdasan yang rumit sekaligus bukti kecanggihan teknologi informasi-komunikasi tanpa henti. Dalam sejarahnya, internet memang sengaja diciptakan untuk mempercepat kemampuan komunikasi dan tukar-menukar informasi jauh lebih efisien. Baik secara waktu, jarak, biaya, dan kemudahan.

Konsep menembus ruang dan waktu tampaknya memang berlaku dalam dunia internet. Hal ini terbukti pada segudang layanan yang dimiliki internet, sebut saja Browsing, Email (electronic mail), Mailing List, Inter Relay Chat (Chatting), Newsgroup, File Transfer Protocol (FTP), Teleconference, Internet Telephony, Internet Fax, Facebook, Friendster, Hi5, Twitter, E-book, dan masih banyak lagi.

Sebagaimana konsep dilema, internet dan segala seluk-beluknya menawarkan dua sisi berbeda. Manfaat dan kerugiannya nyaris mempunyai porsi yang sama. Bahwa kemajuan teknologi seperti internet memberikan banyak manfaat bagi kehidupan dalam bentuk sistem operasi komunikasi-data yang sangat memudahkan diberbagai bidang.Seperti ekonomi, pemerintahan, perbankan, dan pendidikan.

Namun kenyataannya, dampak sosial yang diakibatkan dari penyalah-gunaan internet bersifat merugikan pun sebenarnya banyak terjadi meskipun kurang dijelaskan dalam buku ini. Hanya kejahatan dunia maya (cybercrime) yang bersifat teknis-rumit lebih banyak diulas, diantaranya Joy computing, Hacking, Software piracy, pencurian nomor kredit, dan penyebaran virus melalui Spamming.
Jelasnya, internet di tangan orang cerdas akan benar-benar menjadi ruang kreatifitas seolah tanpa batas. Segala fasilitas yang tersedia ketika dimanfaatkan untuk kebaikan secara maksimal, baik kepentingan personal maupun umum inilah yang kemudian dikenal dengan “gizi-gizi sehat” internet dalam buku ini.

Sekali lagi, internet adalah media yang mempunyai daya jelajah paling luas, para pengguna (user)-nya pun lintas batas geografis, budaya, bahasa, dan dapat diakses kapan saja-dimana saja. Ia dapat dijadikan sumber pengetahuan, komunitas jejaring sosial, promosi produk-produk dengan estimasi biaya iklan jauh lebih murah demi kepentingan bisnis, serta penghasilan yang menjanjikan melalui dunia kepenulisan.

0 comments: