Makna Hidup Dan Pandangan Hidup Manusia

Persepsi seseorang akan makna hidup sangatlah berbeda - beda. Keyakinan akan suatu agama akan mengajarkan seseorang tentang bagaimana menjalani liku - liku kehidupan, Dalam agama islam sendiri dibahas bahwa hidup adalah sebuah perjalanan spiritual manusia yang nantinya akan mendapatkan kebahagian di akhirat. Dalam islam, tujuan manusia di muka bumi adalah untuk menyembah Dzat yang maha kuasa.tentunya dengan laku spiritual untuk selalu mendekatkan diri pada Allah.

Pandangan hidup manusia terdiri dari cita - cita, kebajikan dan sikap hidup.kesemuanya itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia dapat berkembang mencapai kemajuan dalam berbagai bidang ilmu karena terdorong oleh cita - citanya. Dinamika masyarakat akan terwujud dengan adanya cita - cita dan pandangan hidup tersebut.

A. Cita - Cita

Cita - cita dapat berarti angan - angan, keinginan, harapan , atau tujuan. Setiap orang tua berkeinginan agar anaknya berhasil di kemudian hari. Adapun kadar atau tingkat cita - cita, kebajikan, sikap hidup itu tergantung pada tingkat pendidikan,pergaulan, dan lingkungan masing - masing. Bentuk implementasi cita - cita tersebut dapat diartikan sebagai berikut :

1. Pada waktu anak - anak sering berangan - angan  jadi apa?
2 Kemudian timbullah harapan untuk giat belajar agar nilainya bagus
3 Harapan muncul karena berkeinginan setelah lulus SMU akan melanjutkan ke kuliah
4 Ingin masuk Kuliah karena punya tujuan untuk tinggal di suatu tempat berbekal keahliannya

dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa cita-cita, keinginan, harapan banyak menimbulkan semangat hidup dan rasa percaya diri yang tinggi. Contoh saja kreativitas para seniman seperti novel, musik, film, tari, dan filsafat yang lahir dari kandungan cita-cita,keinginan dan harapan

B. Kebajikan

Kebajikan atau kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama atau etika. Manusia berbuat baik karena kodrat manusia itu baik, makhluk bermoral. Atas dorongan suara hati manusia cenderung berbuat baik. untuk melihat apa itu kebajikan, ada tiga segi yang harus difahami dalam diri manusia itu,yaitu: manusia sebagai pribadi,manusia sebagai anggota masyarakat, dan manusia sebagai makhluk tuhan.

Jadi kebajikan itu adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suara hati masyarakat dan hukum Tuhan. kebajikan berarti berlaku sopan santun, berbahasa baik, bertingkah laku baik, berlaku adil, jujur, ramah terhadap siapapun. Misalnya dalam Salah Asuhan  tokoh Rapiah mewakili kebajikan sedangkan Hanafi mewakili ketidakbajikan

C. Sikap Hidup

Sikap hidup adalah keadaan hati dalam menghadapi hidup ini. Sikap hidup bisa positif bisa negatif, bisa optimis atau pesimis, dan bahkan bisa jadi apatis. Semua itu sangat bergantung pada pribadi orang tersebut dan juga lingkungannya. Semua manusia mempunyai sikap, kadar sikap yang dimiliki setiap manusia satu sama lain tidaklah sama. Sikap orang dapat berubah secara tiba-tiba karena situasi dan kondisi lingkungannya.

Sikap manusia merupakan produk dari proses sosialisasi penyesuaian diri seseorang terhadap objek yang bersangkutan, dengan dipengaruhi oleh lingkungan sosial serta kesediannya untuk bereaksi terhadap objek tersebut

Semoga Artikel sederhana ini bermanfaat bagi kawan semua

0 comments: