Manfaat Madu Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Madu memilki kandungan obat mujarab bagi manusia.Seperti di sabdakan rasululloh bahwa salah satu manfaat madu adalah untuk dikonsumsi dan sebagai pengobatan. Rasulullah bersabda : " Hendaklah kalian menggunakan dua obat, Al Quran dan madu. Didalam madu sendiri terdapat obat berbagai penyakit sebagaimana Alquran adalah obat keraguan dan kebingungan atas kebimbangan hati.

Berikut ini beberapa terapi kedokteran dengan menggunakan madu

1. Mencegah sesak nafas, batuk, kedinginan, suara yang kurang merdu, hidung yang mengeluarkan cairan, influensa dan salesma.

2. Mencegah berkembangnya bakteri,dan sekaligus membunuhnya, berkat antibakteri yang terdapat dalam madu

3. Membantu mempercepat sembuhnya luka-luka dan radang. Karena itulah, madu digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, luka bernanah, luka lambung, usus dua belas jari,dan radang tenggorokan.

4. Dapat di gunakan untuk mengobati sedikitnya air susu ibu yang keluar , kemandulan dan rasa nyeri haid

5. Memperkuat otot jantung,menyembuhkan penyakitnya, menjaga kekuatan dan awet muda. Ibnu Sina mengatakan, " jika kamu ingin tetap awet muda, maka minumlah madu.

6. Menyembuhkan penyakit susah tidur dan penyakit jiwa. Ini karena madu membuat kita menjadi kuat dan giat.

7. Menyembuhkan berbagai penyakit mata.

8. menyembuhkan penyakit asma, paru-paru, mencret, susah buang air, bau mulut yang tidak enak, muntah, asam, gusi, penyakit telinga,reumatik, busung air, rambut rontok,kulit, perut mulas, ginjal, hati, kusta, panu, racun, prostat, dan gatal-gatal.

9. Bermanfaat bagi orang yang selesai melakukan operasi atau pasien yang baru sembuh, mengobati kekurusan, penyakit otot, dan kencing yang tak terkendali pada anak - anak.

10. madu juga bermanfaat sebagai minuman penambah stamina tubuh agar tetap dalam kondisi prima.


Berikut ini adalah resep penting dalam penggunaan madu

1. Meletakkan wadah madu secara langsung di atas api akan merusak madu

2. Masa penyembuhan dengan menggunakan madu berbeda - beda tergantung kondisi. jadi penggunanya sesuai dengan kebutuhan.

3. yang paling baik dalam meminum madu adalah setengah jam atau dua jam atau tiga jam dari pengambilannya

4. Selalu berusaha menggunakan madu murni atau asli. Untuk mengujinya,sebagian orang mencelupkan sepotong madu. setelah itu, tongkat tersebut di bakar. Apabila terbakar, maka hal itu menunjukkan bahwa kadar air yang terdapat dalam madu itu sesuai batas normal. Salah satu cara lain untuk menguji kemurnian madu adalah meletakkan sedikit madu dalam sendok besar, kemudian memanaskannya dalam api. Jika madu yang dibakar itu murni, maka madu itu akan sangat mendidih dan membentuk buih yang jernih tanpa tercampur dengan warna hitam atau lainnya. hal ini berbeda dengan madu yang tidak murni, madu yang tidak murni akan terbakar dan menjadi berwarna hitam.

5. Madu yang paling bagus adalah madu yang dihasilkan pada musim semi, lebih - lebih madu tersebut berasal dari pertanian yang luas dan penuh dengan bunga. Kita perlu hati-hati dengan madu yang disimpan dengan lilin. Ini karena masa berlakunya tidak lebih dari beberapa minggu.

6. Cara menyimpan madu yang benar adalah dengan meletakkannya dalam wadah yang kering dan tertutup rapat, jauh dari lemari es.

7. Madu yang jernih dan murni mempunyai kandungan zat gelatin dan seperti karet ketika diambil dengan sendok. Diantara karakterisnya adalah menurunkan kadar asam apabila lambung sakit dan mengeluarkan zat asam lebih banyak.

Setelah anda tahu tentang berbagai khasiat madu dan cara menggunakannya, sediakan madu di rumah anda buat persedian. Semoga kesehatan selalu menyertai kita 



0 comments: