Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Masa subur wanita dapat diketahui melalui pengamatan terhadap lendir serviks,ada baiknya anda mengenali empat zona wanita terlebih dahulu

Empat Zona Wanita

keempat zona tersebut adalah zona berdarah, zona kering, zona basah atau berlendir dan zona kering.Dasara pembagian zona berdasarkan perubahan lendir serviks yang bisa diamati keluar dari vagina akibat aktivitas hormon estrogen dan progesterone.Sekarang kita masuki satu persatu zona itu agar kita bisa melihat apa yang terjadi di dalamnya. sekaligus berlatih mengenali lendir serviks itu.

1. Zona berdarah

Yakni saat wanita mengalami menstruasi.lama haidnya biasanya 3 - 5 hari. Ada yang 1 - 2 hari kemudian diikuti dengan keluarnya darah sedikit demi sedikit. Ada juga yang mencapai 7 - 8 hari.Biasanya lama haid masing-masing wanita tetap. Pada saat ini wanita akan mengeluarkan darah akibat robeknya kasur empuk dari dinding rahim.

2. Zona Kering 1

Adalah bebrapa hari pasca haid. Lendir serviks belum keluar. Ibu-ibu di jawa sering menyebutnya dengan istilah kesed ( kering ). Pada hari-hari ini, celana bersih dan tidak ada vleg. lamanya juga bervariasi antara 1 - 5 hari. namun, ada juga yang lebih lama dari itu. Wanita yang mengalami siklus memanjang atau memendek, variasi mulai terjadi pada zona ini dan terus berlanjut hingga zona basah. anda jangan terpancang dengan jumlah hari, karena dimulai zona kering 1 berakhir di zona kering 2. Anda akan menemukan variasi yang sangat banyak tiap bulannya,untuk diperhatikan terus polanya.

3. Zona Basah atau Berlendir

Kini kita memasuki zona yang harus mendapat perhatian khusus. Pada masa ini lendir serviks akan muncul. Setiap hari akan ada perubahan lendir yang keluar dari vagina. Disinilah sifat-sifat seorang wanita muncul. pada zona ini akan terjadi ovulasi  ( keluarnya sel telur ). Inilah saat saat emas bagi wanita ( golden period ). mengapa dinamakan masa puncak ? karena berdasar teori, dalam satu kali siklus haid normal,wanita hanya akan mengeluarkan sebuah telur dari salah satu pabriknya ( dari 2 ovarium yang ada ) dan hanya berumur 24 jam untuk bisa dibuahi.

4. Zona kering kedua

Setelah melalui hari - hari basah,wanita akan masuk pada hari - hari kering kedua. namun,berbeda dengan zona kering 1, saat ini anda masi akan mengeluarkan lendir serviks,namun lendir lendir itu berubah menjadi kental,keruh,dan tidak meregang. lamanya juga berbeda,namun relatif konstan

berikut gambar yang mungkin bisa membantu anda mengetahui kapan masa subur anda



0 comments: